Vaksin BCG

Vaksin BCG Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Dua atau tiga bulan setelah lahir, bayi wajib diberi vaksin BCG. Mengapa? Ini penjelasannya.  

Vaksin Bacille Calmette-Guerin (BCG) dibuat dari bakteri Mycobacterium Bovis hidup yang sudah dilemahkan. Ditemukan oleh Albert Calmette, ahli mikrobiologi dan Camille Guerin dari Perancis dan sudah terkenal sejak tahun 1921. Bermanfaat mencegah penyakit tuberkulosis, vaksin BCG cukup diberikan satu kali, optimal pada umur 2 sampai 3 bulan.

Bila vaksin BCG diberikan sesudah umur 3 bulan, perlu dilakukan tes Mantoux lebih dulu untuk mengetahui apakah bayi sudah terinfeksi bakteri Mycobacterium tubercolosis. Bila hasil negatif, setelah 48-72 jam kulit yang disuntik tidak mengalami pembengkakan, bayi bisa diberi imunisasi lagi.

WHO menganjurkan untuk memberi vaksin lewat suntikan di lengan kanan, tapi Anda boleh meminta suntikan diberikan di kanan atas panggul, bukan di bagian paha karena bisa menimbulkan jaringan parut yang akan menarik otot paha. Vaksin BCG bisa memberi perlindungan selama 15 tahun dengan tingkat efektifitas 40% tergantung sistem kekebalan anak. Tidak perlu diulang pemberiannya karena vaksin terbuat dari bakteri hidup yang dilemahkan, sehingga antibodi yang dihasilkan akan selalu diproduksi tubuh. Jenis vaksin BCG dijual dengan harga Rp 40.000,-

Baca juga:
Imunisasi BCG dan Benjolan
Penyakit Tuberkulosis

Foto/P Hardi Subiantoro - Ayahbunda




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda