Waktu Pas Menyusui Pasca Caesar

 

Walau masih lemas pasca operasi caesar, pasti Anda ingin segera memberi ASI bagi bayi. Kapan ya…

Tak seperti opini yang banyak beredar, banyak ibu yang melahirkan dengan operasi caesar, bisa melahirkan secara normal pada kelahiran berikutnya. Alasan yang menyebabkan diambil tindakan operasi caesar sebelumnya, kerap tidak ditemui saat mengandung adiknya. Namun Anda tak perlu kuatir, jika diharuskan melahirkan melalui operasi caesar karena suatu sebab, kebahagiaan Anda dalam memberi ASi tak akan terganggu.

Bayi yang terlahir dengan operasi caesar, mungkin lebih banyak tidur dan terlihat lesu karena terkena imbas obat anestesi operasi caesar, ketimbang bayi yang terlahir normal. Butuh waktu beberapa hari bagi bayi agar serangan kantuk bisa hilang. Untuk sementara, bayi yang masih lemah, masih sulit menghisap ASI. 

Pemberian ASI sebaiknya dilakukan seawal mungkin karena akan membantu uterus berkontraksi dan kembali ke ukuran yang semula dengan lebih cepat. Proses pemulihan Anda juga akan terbantu. Hal ini bisa dilakukan jika dokter memutuskan memberikan bius lokal sehingga bayi bisa segera menyusui setelah lahir.

ASI mulai bisa diberikan sejak di ruang operasi begitu proses kelahiran selesai. Suami Anda bisa membantu memposisikan bayi agar nyaman saat menyusui. Atau jika ASI mulai Anda berikan di ruang pemulihan, posisi bayi bisa ditidurkan di atas bantal atau selimut agar lebih mudah saat menghisap ASI. Anda juga harus berhati-hati karena efek pembiusan mungkin masih terasa. Suami Anda sebaiknya juga ikut membantu agar bayi dan Anda merasa nyaman.

Beberapa rumah sakit memberlakukan peraturan ibu dan bayi baru bisa bersama setelah 24 jam. Tapi tak perlu kuatir, peraturan ini bisa dilonggarkan karena sang dokter menyadari pentingnya bagi Anda untuk bersama bayi setelah kelahiran dengan asumsi tidak ada masalah yang ditemui.

 



Artikel Rekomendasi