7 Langkah Agar Bayi Cinta Buku

 

Berikut 7 langkah penting dan mudah dilakukan untuk memupuk kecintaan si kecil sejak dini terhadap buku:

  • Dalam tahap pengenalan bersama bayi Anda dapat memilih waktu dan kesempatan terbaik. Pilihlah waktu yang paling nyaman bagi Anda dan si kecil. Yaitu, ketika Anda sedang bersemangat dan segar, dan si kecil dalam keadaan tidak mengantuk, kenyang dan antusias.
     
  • Posisi tepat membaca buku bersama bayi adalah dengan memangkunya dan membuka halaman demi halaman bersama. Para ahli masa kini melihat, posisi membuat bayi sadar akan makna di balik kata satu persatu dan sadar bahwa setiap rangkaian bunyi bahasa yang Anda bacakan mengacu pada vokal dan konsonan mengacu pada yang tertera di buku.
     
  • Perlihatkan buku bayi dengan gambar dan warna-warni menarik biarkan ia memegang sendiri. Mulailah dari sampulnya. Lalu tunjukkan gambar-gambar serta tulisan. Bahaslah warna dan bentuk yang ada pada sampul. Setelah itu masuk ke bagian dalam, tunjukkan gambar-gambar dan bacakanlah dengan artikulasi yang jelas serta nada baca yang gembira dan bersemangat.
     
  • Membaca keras, jelas dan perlahan memberi kesempatan bagi bayi melatih indera pendengaran, kemampuan mengingat serta ketrampilannya memproduksi bunyi bahasa sendiri. Membacakan keras dan berbicara dengan perlahan dan jelas dikenal sebagai bahasa parenthese. Teknik berbicara yang lebih perlahan, jelas serta titian nada (pitch) yang tinggi, menurut para ahli, lebih mudah ditangkap dan diikuti oleh bayi.
     
  • Apabila Anda ingin si kecil mengenang dan mengingat pengalaman membaca sebagai sesuatu yang menyenangkan, lakukanlah secara fun.Bicarakan dan bersenang-senanglah saat membaca bersama. Dari buku nyanyikan beberapa lagu yang temanya mungkin sama, atau lakukan permainan ci-luk-ba atau lainnya.
     
  • Kemudian, lihatlah apa yang dilakukan si kecil. Dari pengalamannya bergaul dengan buku, biarkan kemudian berimprovisasi dan bermain. Ini memberinya kesempatan untuk belajar memahami dan menerapkan pengetahuan yang ia peroleh dari buku dalam kesehariannya, terutama di kemudian hari. Misalnya, bermain, bercerita, menceritakan kembali dan lainnya.
     
  • Jadikan kegiatan bersama buku sebagai sesuatu yang rutin. Berbagilah buku bersama si kecil setiap hari. Cukup beberapa menit saja, membaca buku bersama si kecil akan memberi manfaat untuk seumur hidupnya. Paling tidak, ia akan cinta pustaka, kecerdasan kognitifnya pun terasah. Bukan hanya itu, penelitian bahkan membuktikan, anak-anak yang sejak dini melek pustaka juga cerdas secara sosial dan emosional.

 



Artikel Rekomendasi