Agar Anak Belajar Berinisiatif

 

Masa ini terjadi di usia sekitar tiga hingga lima tahun. Bila pada usia-usia sebelumnya reaksi emosi anak ditangani dengan baik, ia akan mengembangkan kemampuan berimajinasi atau berfantasi dengan sehat pula.

Ia juga akan mampu bekerja sama dengan orang lain dalam jangka waktu lama, serta dapat memimpin dan mengikuti pemimpin. Tetapi di usia ini anak juga mengalami ketakutan, tergantung pada teman sekelompoknya, dan masih terlalu tergantung pada orang dewasa.

Anak usia ini paham bahwa dorongan-dorongan emosinya memiliki konsekuensi. Kalau ia mengatakan, "Aku benci kamu!. Ia akan mengaitkan kata-katanya tadi dengan wajah sedih yang ditampilkan lawan bicaranya.

Ini memberinya kemampuan untuk merencanakan dan mengantisipasi. Ia mampu memisahkan mana perasaannya, mana perasaan orang lain, dan dampaknya terhadap perasaannya sendiri.

Masalah emosi yang bisa muncul pada usia-usia ini adalah fobia, mimpi buruk, gangguan pada bicara, mengompol, takut binatang, membayangkan monster dan takut terluka.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Kapan Karakter Bayi Muncul?

Para peneliti percaya bahwa tiap anak memulai hidupnya dengan kepribadian dasar yang sudah ada. Tapi kapan sih karakter si kecil mulai muncul?... read more