Ayah Juga Oke Asuh Bayi

 

Kini, perasaan takut atau segan mengasuh dan merawat bayi, sebaiknya dibuang jauh-jauh oleh para ayah. Ya, karena beberapa penelitian membuktikan, keterlibatan ayah dalam pengasuhan dan perawatan bayi akan membuat bayi lebih bahagia, cerdas, percaya diri, dan membantu proses bonding-nya dengan sang ayah.

Bukankah saat mengganti popok, memandikan maupun memijat bayi, sang ayah akan berinteraksi dengan bayi melalui kontak mata, kontak kulit, serta suara? (Ya, tentu saja ayah harus mengajaknya bicara).

Untuk para bunda, berbahagialah bila sang ayah mau terlibat aktif dalam pengasuhan bayi sejak awal. Seperti kita tahu, waktu-waktu awal setelah persalinan adalah masa-masa melelahkan. Kondisi ini bisa membuat bunda mengalami baby blues. Nah, jika ayah mau mengganti popok, bermain dengan bayi, menemani bunda menyusui, dan melakukan hal-hal lain yang berkaitan dengan pengasuhan dan perawatan bayi, risiko timbulnya baby blues pun bisa berkurang.  
Jadi para ayah, tidak usah takut lagi ya untuk menggendong, memeluk atau bermain dengan bayi. Soalnya, ketakutan itu malah menghambat proses bonding Anda dengan bayi. 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Cara Tepat Bergawai pada Anak

Data riset brand smartphone Huawei tahun ini, 87% orang tua Indonesia memberi gawai ke anak. Dan anak-anak usia 5 hingga 8 tahun di negeri ini, sudah memakai gawai. ... read more