Bayi Gemar Menyemburkan Makanan

 

Jangan kesal dulu atas ulah bayi Anda yang gemar menyemburkan makanan yang baru saja diberikan. Ia tidak membangkang tapi sedang belajar.

Tiba-tiba bayi Anda yang kini usianya 1 tahun menyemburkan makanan yang baru masuk ke mulut mungilnya. Tidak hanya sekali, tapi berkali-kali. Bayi Anda tidak sedang berunjuk rasa, membangkang perintah Anda. Ia sedang belajar menolak sesuatu yang tidak disukainya. Pada saat sama, ia belajar sesuatu yang ingin diketahuinya.

Karena belum lancar bicara, aksinya bisa berarti. “Aku suka yang ini!” Mungkin benar begitu, tapi mungkin pula bermakna lain. Yang pasti, bayi tengah berkenalan dengan berbagai jenis makanan padat. Ia ingin tahu lebih jauh tentang makanannya. Ia mengekplorasi tekstur bau dan cara mengunyah. Juga bagaimana cara menyemburkannya!

Sensasi yang dirasakan ketika menyemburkan makanan, membuat bayi senang mengulangi perbuatan ini.

Bersihkan, katakan. Perlu kesabaran menghadapi perkembangan kemandirian dan eksplorasi pada anak di usia ini. Bayi memang ingin tahu bagaimana reaksi Anda ketika ia menyemburkan makanan.

Bersihkan saja makanan yang berceceran sembari mengatakan bahwa makanan yang disemburkannya membuat semut datang, baju dan meja jadi kotor. Sebaiknya, di fase ini, tahan kemarahan atau omelan Anda karena tidak efektif.

Akan lebih baik Anda ajari bayi bagaimana mengunyah dan menelan makanan dengan benar. Selain itu, Anda bisa mengajarkan tentang sikap dan etiket makan yang baik.

Anda dapat pula memberi kesempatan pada bayi untuk belajar makan sendiri. Biarkan ia menikmati hidangan dengan gayanya. Pendampingan dan bimbingan Anda niscaya membuat bayi menghentikan hobi baru yang merepotkan ini.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Cara Tepat Bergawai pada Anak

Data riset brand smartphone Huawei tahun ini, 87% orang tua Indonesia memberi gawai ke anak. Dan anak-anak usia 5 hingga 8 tahun di negeri ini, sudah memakai gawai. ... read more