Warna-warni Dunia Bayi

 

Walaupun indera penglihatan merupakan indera yang berkembang paling akhir, tidak menghalangi para calon bunda dan ayah buru-buru mempersiapkan kamar dan perlengkapan bayi yang warnanya “cocok”.

HITAM PUTIH
Warna yang paling pertama ia kenali adalah hitam dan putih, dan masih buram. Sebaliknya, warna yang paling lambat ia kenali adalah warna biru dan hijau.
Ketika usia bayi menginjak 4-5 bulan, ia mulai dapat mengenali lebih banyak warna, seperti merah, jingga, kuning dan hijau. Selain mengenali, ia juga mulai pandai membedakan warna-warna tersebut.

MERAH   
Adalah warna pertama yang dapat dilihat bayi –pada mulai usia 6 minggu hingga 2 bulan– setelah ia mampu membedakan warna hitam dan putih sebagai sesuatu yang gelap dan terang. Merah memberi nuansa hangat, semangat, kekuatan, dan penarik perhatian hingga dipakai sebagai warna lambang pemberi peringatan pada bahaya.  Warna ini dapat merangsang pikiran anak dan memberikan energi, meningkatkan kemampuan atletik anak, dan di sisi lain, warna merah akan merangsang agresivitas, menyebabkan anak tidak mampu untuk berkonsentrasi, bahkan menimbulkan sakit kepala.

KUNING  
Warna paling terang bagi mata bayi, tergolong ke dalam kelompok warna menyolok. Karenanya kuning adalah warna yang mudah dikenali bayi. Warna kuning memberikan efek cerah dan ceria yang menimbulkan rasa gembira dan bahagia, sehingga meningkatkan daya motivasi pada anak. Warna kuning yang ditangkap mata bayi akan meningkatkan konsentrasi, merangsang ingatan dan meningkatkan kecepatan metabolisme di dalam tubuh serta sistem syaraf. Namun bila bayi terpapar warna kuning terlalu banyak ia akan sering rewel, terbangun, dan membangkitkan amarahnya. 

JINGGA/ORANYE  
Bagian dari ‘warna hangat’ ini dapat bermanfaat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal sehingga bayi lebih relaks dan mudah beradaptasi dengan lingkungan, sehingga kelak ketika bertumbuh ia akan menjadi anak yang bersikap ramah dan terbuka pada orang lain. Suasana pun akan lebih santai dan menenangkan. Namun bila diberikan terlalu banyak warna ini, anak akan terlalu banyak terstimulasi.

MERAH MUDA 
Warna ini dapat membangkitkan empati dan feminitas serta menciptakan suasana yang menenangkan. Paparan warna merah muda yang digunakan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan bayi terganggu dan mudah cemas. 

BIRU   
Termasuk salah satu ‘warna dingin’ yang menenangkan pikiran dan tubuh, kepercayaan diri dan meningkatkan intuisi. Bagi kesehatan, warna ini dapat menurunkan tekanan darah, denyut jantung serta menurunkan kecemasan dan agresivitas. Warna biru sangat tepat untuk kamar tidur bayi sebab otak menangkap warna ini sebagai rangsang untuk “memerintahkan” tubuh menghasilkan senyawa kimia yang berefek menenangkan. 
 
HIJAU   
Warna hijau yang mewakili warna alam bebas memberi kesan segar, sejuk, tenang dan aman. Hijau juga memberi efek penyembuhan bagi tubuh karena tubuh menjadi lebih “santai” dalam melakukan metabolisme, sehingga proses perbaikan sel serta peningkatan sistem kekebalan tubuh bayi menjadi lebih cepat. Warna ini dipercaya kelak akan meningkatkan kemampuan baca anak. 

 



Artikel Rekomendasi