Anak Tak Mau Pegang Dot Sendiri

 

Tanya: Anak saya usia 9 bulan sampai sekarang tidak mau memegang dotnya sendiri. Sedangkan anak teman saya usia 5 bulan sudah mau memegang dot sendiri. Bila diberi makanan seperti biskuit bayi tidak mau memasukan ke mulutnya sendiri. Tetapi kalau dotnya dipegangin susunya habis diminum dan makanannya harus selalu di suapin. Bagaimana solusinya ? Saya kuatir kondisi ini berlanjut hingga ia besar nanti

Jawab: Bunda, proses tumbuh kembang dan pembelajaran terhadap sesuatu hal pada masing-masing anak berbeda. Hal ini tergantung pada faktor adaptasi anak dan stimulasi yang diberikan. Proses untuk pemberian makan sendiri sudah mulai dapat dilakukan saat anak berusia 8-9 bulan. Jadi belum terlambat jika Bunda ingin melatihnya. 

Perhatikan apakah anak Bunda tidak mau atau tidak bisa memegang dot/memasukkan makanan sendiri. Jika tidak mau, Bunda dapat melatih lebih sering dan memberikan semangat anak Bunda untuk melakukannya. Berikan tepuk tangan dan kecupan sayang saat anak mau memegang dotnya sendiri.

Namun, bila anak tidak bisa memegang sendiri dotnya, coba Bunda perhatikan adakah gangguan organ yang menyertai. Bila iya, segeralah berkonsultasi ke dokter. Perlu Bunda ingat, proses belajar makanan merupakan proses mencoba sehingga bersiaplah untuk bersabar menghadapi anak yang sedang melalui proses belajar makan dan mandiri.

dr. Khairani Diman, Sp.A, dari Kemang Medical Care, Jakarta

 



Artikel Rekomendasi