Apakah Bayi Saya Alergi Susu Formula?

 

Tanya: Apa bayi saya (2 bulan) alergi susu sapi atau intoleransi laktosa? Dia minum susu formula sejak lahir karena ASI saya sedikit. Namun, beberapa minggu lalu dia kembung dan buang angin, serta kadang muncul kemerahan di daerah perut, walau saya kini sudah mengganti susunya dengan formula soya.

Jawab: Bila dilihat dari gejala saluran cerna disertai gejala kemerahan pada kulit,  tampaknya anak Ibu menderita alergi susu sapi. Dugaan ini lebih kuat bila ada riwayat alergi dalam keluarga. Namun, bila diganti formula soya dia masih kembung, mungkin ada faktor lain yang bukan intoleransi laktosa karena formula soya adalah bebas laktosa.

Perlu Ibu ketahui, formula soya tidak dianjurkan diberikan pada bayi usia di bawah 6 bulan. Untuk itu, saya anjurkan Ibu berkonsultasi dengan dokter anak terdekat agar faktor penyebab kondisi bayi Anda bisa diketahui dengan pasti.

dr. Zakiudin Munasir, SpA(K)


 



Artikel Rekomendasi

post4

Kapan Saat Yang Tepat Vaksin Campak?

Vaksinasi campak direkomendasi saat anak berumur 9 bulan dan sebaiknya diberikan sewaktu anak dalam keadaan sehat, agar kekebalan yang diperoleh optimal. Sakit ringan tidak merupakan kontraindikasi un... read more