Baru Lahir Pilek

 

Tanya: Bayi saya 1 bulan sejak umur 10 hari tampak pilek, terutama malam hari. Dia gelisah dan sulit tidur karena hidungnya tersumbat. Dokter memberinya obat antibiotika, tapi masih pilek juga. Apa penyebabnya dan berbahayakah untuk bayi saya?

Jawab: Melihat usia anak Anda baru 4 minggu sudah diberi obat antibiotika namun belum sembuh juga, maka kemungkinan dia menyandang alergi. Bisa alergi terhadap susu sapi (susu formula yang terbuat dari susu sapi), atau karena alergi debu rumah.

Untuk mengatasinya, coba jangan dulu diberi susu formula yang berasal dari susu sapi tapi beri ASI saja. Seandainya dokter menyatakan kurang dan harus ditambah, maka berikan susu formula dari kacang kedelai. Bila selama dua sampai tiga minggu keadaannya mambaik, jangan lagi diberi susu sapi sampai 6 bulan.

Jika dengan cara ini pileknya masih terus terlihat, sebaiknya bawa bayi ke dokter ahli THT. Selain itu, perhatikan kebersihan ruang tidurnya, jangan sampai banyak debu atau lembab. Pastikan ia mendapatkan udara bersih setiap hari dari jendela/lubang angina yang memadai.

Pilek yang berkepanjangan biasanya menyebabkan anak menjadi gelisah dan kurang istirahat, juga sulit makan. Bila pilek sperti ini dibiarkan terus, dikhawatirkan menganggu pendengarannya. Pada anak yang lebih besar, kondisi ini dapat menyebabkan sinusitis (radang rongga hidung) dan menderita batuk menahun.

Dr.H.Sjawitri P.Siregar, Sp. AK

 



Artikel Rekomendasi