Bekas Tali Pusar Selalu Berair

 

Tanya: Pada bekas putusnya tali pusar anak saya (kini 2 bulan) masih tersisa daging sebesar beras yang berair dan selalu basah. Apa yang sebaiknya saya lakukan?  

Jawab: Dalam perkembangan janin, pusar (umbilicus) berfungsi sebagai saluran penghubung antara plasenta ibu dan janin. Selain itu, pusar juga memegang peranan penting dalam pembentukan sistem pencernaan dan perkemihan. Setelah lahir, begitu tali pusar dipotong, normalnya semua saluran tersebut menutup.

Tapi, terkadang proses fisiologi dan embriologi tersebut tidak berjalan mulus sehingga menyebabkan berbagai jenis kelainan pusar. Salah satunya adalah kelainan yang disebut granuloma umbilikalis (umbilical granuloma), yaitu pertumbuhan jaringan granulasi pada pangkal pusar setelah tali pusar copot/putus. Sepintas mungkin tampak seperti benjolan kemerahan atau “daging” yang basah dan berair. Bila ukurannya kecil biasanya granuloma tersebut membaik dengan pemberian cairan perak nitrat (silver nitrate) pada permukaannya.

Namun bila ukurannya cukup besar atau tidak responsif terhadap pemberian cairan perak nitrat, maka granuloma itu perlu tindakan pembedahan.
Kemungkinan besar kelainan yang anak Anda alami adalah granuloma umbilikalis. Namun untuk memastikan diagnosis atau menyingkirkan kemungkinan penyebab lainnya, saya sarankan segera memeriksakan anak Anda ke dokter bedah anak terdekat. Dengan demikian tata laksananya dapat optimal.

dr. Anita Juniatiningsih, SpA

 



Artikel Rekomendasi