Bintik Mirip Jerawat di Zakar Bayi

 

Tanya: Anak saya kini berusia 6 bulan. Sejak usia tiga bulan terdapat bintik-bintik kecil di buah zakarnya berwarna putih sebesar biji jambu klutuk. Tapi anak saya masih tetap ceria dan perkembangannya bagus. Apakah berbahaya bagi kesehatannya bila terus dibiarkan dan bagaimana cara menghilangkannya ?

Jawab:
Kelainan kulit berupa bintik-bintik kecil di buah zakar berwarna putih sebesar biji jambu klutuk menyerupai jerawat, kemungkinan anak ibu mengalami kelainan kulit yang disebut dengan moluskum kontangiosum (MK). MK adalah infeksi virus yang menyerang kulit atau membran mukosa. MK umumnya terjadi pada anak-anak dan dapat menyebar di seluruh tubuh.

MK ditularkan melalui kontak dekat dengan penderita dan melalui pemakaian handuk atau baju bersama. Terapi yang dilakukan dapat menggunakan cairan kimia seperti podofilin untuk mengangkatnya, asam salisilat atau bahkan laser tergantung dari lokasi. MK tidak berbahaya tapi menular. Sebaiknya anak ibu dibawa berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dapat dilihat secara langsung.

dr.Linnie Pranadjaja, Sp.A, M.Kes RS Mitra Keluarga Bekasi


 



Artikel Rekomendasi