Dampak Penggunaan Antibiotik Bagi Bayi

Tanya: Bayi saya berusia 4 bulan sempat kena flu lumayan parah. Dokter memberi banyak obat, termasuk antibiotik. Betulkah antibiotik berdampak buruk bagi kesehatan bayi?

Jawab: Flu adalah penyakit infeksi dengan gejala demam, batuk, pilek, dan sakit menelan yang dapat disertai muntah dan mencret. Penyebab flu bisa berupa virus atau bakteri, atau infeksi virus disertai infeksi sekunder oleh bakteri. Salah satunya, virus influenza.

Secara umum, penyakit virus bersifat self limiting atau sembuh dengan sendirinya. Obat berfungsi mengurangi gejala, seperti obat penurun demam atau penurun panas, obat batuk, pelega saluran napas, dan pengencer dahak. Pada influenza yang berat, dapat diberikan obat seperti oseltamivir. Apabila disertai dengan infeksi sekunder bakteri, seperti yang agaknya disimpulkan oleh dokter anak Anda, maka perlu antibiotik.

Apabila antibiotik diberikan tidak atas indikasi yang tepat, lama-kelamaan akan terjadi pertumbuhan bakteri yang kebal terhadap antibiotik tersebut. Sepanjang berdasarkan indikasi yang tepat, dan diberikan sesuai petunjuk dokter, maka antibiotik tidak berakibat buruk bagi kesehatan bayi. Maka penting minta petunjuk dokter, dan minta keterangan rinci khasiat serta cara penggunaan obat agar tidak berakibat buruk bagi bayi.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   37949   
>  Buang Stres Saat Hamil!   24152   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20467   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17468   
>  Balita Hobi Tampil   11017   

 
 border=
Susu Kehamilan
Apakah Anda mengonsumsi susu khusus ibu hamil, sebelum hamil?
Ya
Tidak