Dampak Penggunaan Antibiotik Bagi Bayi

 

Tanya: Bayi saya berusia 4 bulan sempat kena flu lumayan parah. Dokter memberi banyak obat, termasuk antibiotik. Betulkah antibiotik berdampak buruk bagi kesehatan bayi?

Jawab: Flu adalah penyakit infeksi dengan gejala demam, batuk, pilek, dan sakit menelan yang dapat disertai muntah dan mencret. Penyebab flu bisa berupa virus atau bakteri, atau infeksi virus disertai infeksi sekunder oleh bakteri. Salah satunya, virus influenza.

Secara umum, penyakit virus bersifat self limiting atau sembuh dengan sendirinya. Obat berfungsi mengurangi gejala, seperti obat penurun demam atau penurun panas, obat batuk, pelega saluran napas, dan pengencer dahak. Pada influenza yang berat, dapat diberikan obat seperti oseltamivir. Apabila disertai dengan infeksi sekunder bakteri, seperti yang agaknya disimpulkan oleh dokter anak Anda, maka perlu antibiotik.

Apabila antibiotik diberikan tidak atas indikasi yang tepat, lama-kelamaan akan terjadi pertumbuhan bakteri yang kebal terhadap antibiotik tersebut. Sepanjang berdasarkan indikasi yang tepat, dan diberikan sesuai petunjuk dokter, maka antibiotik tidak berakibat buruk bagi kesehatan bayi. Maka penting minta petunjuk dokter, dan minta keterangan rinci khasiat serta cara penggunaan obat agar tidak berakibat buruk bagi bayi.

 



Artikel Rekomendasi