Demam Setelah Vaksin DTP

 


Tanya: Setelah divaksin DPT ke-2 dan polio ke-4 Shaquille (4,5 bulan) demam 38ºC. Apakah demam itu akibat vaksin? Saya sudah minta vaksin yang tidak menyebabkan panas. Bahayakah jika bayi flu divaksin DPT dan polio?

Jawab: Nama yang sesuai dengan vaksinya adalah DTP bukan DPT. Istilah bahwa DTPa adalah vaksin DTP yang tidak menyebabkan panas sebetulnya kurang tepat. Vaksin DTPa (DTP aselular) merupakan vaksin DTP yang mengandung 2-3 komponen kuman pertusis (Bordutella pertusis). Vaksin DTP biasa (DTPw atau DTP whole cell) mengandung seluruh kuman pertusis. Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) DTPw dapat berupa demam di atas 38,5ºC pada 42% anak yang divaksin. DPTa dapat menyebabkan demam di atas 38,5ºC pada sekitar 10% kasus. Jadi, demam ringan yang diderita anak Anda bisa disebabkan vaksin DTPa. Flu adalah infeksi saluran napas yang disebabkan virus influenza yang dapat bersifat ringan sampai berat. Jika flu yang Anda maksud adalah pilek dan batuk ringan, maka tidak berbahay jika  bayi mendapat vaksinasi DTP.
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Kapan Saat Yang Tepat Vaksin Campak?

Vaksinasi campak direkomendasi saat anak berumur 9 bulan dan sebaiknya diberikan sewaktu anak dalam keadaan sehat, agar kekebalan yang diperoleh optimal. Sakit ringan tidak merupakan kontraindikasi un... read more