Investasi Tali Pusat

 

Tanya: Benarkah menyimpan tali pusat bayi di bank darah tali pusat merupakan investasi berharga untuk kesehatan keluarga kami? Saya hamil 7 bulan.

Jawab: Ada dua pendapat soal menyimpan tali pusat di cord blood bank. Pertama dari dokter-dokter yang pro dan menganjurkan, dengan pertimbangan tindakan ini merupakan teknologi baru yang tidak ada salahnya dimanfaatkan, sebab dapat digunakan untuk mengantisipasi bila bayi atau keluarga terdekat bayi  terjangkit penyakit berbahaya, seperti kanker dan kelainan darah. Penelitian memang menyebutkan bahwa darah tali pusat kaya akan sel induk untuk mengobati sekitar 40 penyakit.

Pendapat lain, juga dari kalangan dokter, yang tidak terlalu menyarankan. Sebab, yang terbukti bisa diobati sel induk tali pusat baru penyakit atau kelainan yang berhubungan dengan darah, sedangkan penyakit lain masih dalam ranah penelitian. Selain itu, biaya     pengambilan dan penyimpannya tidak murah. Saat ini juga ada banyak penelitian dan laporan penyakit berbahaya bisa diobati dengan sel induk dari buccal atau sel mukosa pipi bagian dalam, dan darah kelinci. Pertimbangan lainnya adalah adanya rasio hanya 1dari 20.000 keluarga yang benar-benar memerlukan donor darah tali pusat.

Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda, sebab setiap tindakan medis harus dilakukan atas indikasi, misalnya anak Anda memang memiliki risiko mengidap penyakit darah di masa depan. Jadi bukan karena sedang tren atau kekhawatiran berlebihan semata.

dr. Otamar Samsudin, SpOG


 



Artikel Rekomendasi