Kebenaran Bayi Alergi Susu Sapi

 

Tanya: Sejak umur 8 bulan, anak saya dinyatakan alergi susu sapi yang mengakibatkan kulit bentol-bentol. Hingga usia 2 tahun 2 bulan ini, alerginya tak kunjung mereda dan hanya minum susu kedelai. Saya sering kasihan dengan anak saya karena tidak bisa  menikmati makanan kesukaan anak-anak lainnya, seperti es krim. Kapan mereda alerginya dan apa jalan keluarnya?

Jawab: Bayi dengan alergi susu sapi dapat mengalami kesembuhan 60% setelah usia   12 bulan, 70% setelah usia 2 tahun dan 80% setelah usia 3 tahun serta 97% setelah usia 5 tahun.

Sebaiknya dilakukan pemeriksaan tes alergi, apa betul alergi susu sapi dan alergi terhadap apalagi selain susu sapi. Sangat disayangkan jika ternyata bukan alergi terhadap susu sapi.

Susu kedelai hanya digunakan sebagai susu alternatif pada anak yang betul-betul alergi terhadap susu sapi. Dari penelitian didapatkan bahwa sekitar 50% penderita alergi susu sapi mengalami alergi juga terhadap protein makanan lain (telur, kacang, kedelai) dan 50 -80% menderita alergi terhadap 1 atau lebih alergen inhalan (debu, pollen, tungau).

Bayi yang mendapat susu formula dan alergi susu sapi harus diberi susu protein hidrolisat ekstensif. Susu protein hidrolisat parsial harus dihindari karena masih dapat menyebabkan reaksi alergi pada anak dengan alergi susu sapi.
 
dr. Linnie Pranadjaja, Sp.A, M.Kes (RS Mitra Keluarga Bekasi)

 



Artikel Rekomendasi