Kebiasaan Mengisap Jari

 

Tanya: Mengapa bayi saya yang kini berusia 2 bulan punya kebiasaan mengisap jarinya? Ketika saya susui karena saya duga dia lapar, ternyata dia tidak mau.  

Jawab: Mengisap jari tangan adalah kebiasaan yang menenangkan atau nyaman bagi anak (self comforting habit). Kebiasaan ini biasa kita temui pada bayi hingga anak berusia 5-6 tahun. Bahkan menurut para ahli, kebiasaan ini juga ditemui pada janin dalam kandungan.

Anda tidak perlu khawatir dengan kebiasaan ini. Penelitian yang membandingkan pemakaian empeng (dot) dan mengisap jari terhadap kebiasan menyusu bayi menunjukkan bahwa durasi pemberian ASI pada bayi yang diberikan empeng ternyata lebih pendek dibanding yang mengisap jari.

Namun, dengan bertambahnya usia anak, kebiasaan ini sebaiknya makin berkurang, dan berhenti sama sekali sebelum usia 5-6 tahun. Karena, mengisap jari tangan yang terlalu sering setiap hari dapat berpengaruh pada pertumbuhan gigi, seperti arah pertumbuhannya terganggu atau berubah. 

Tak perlu melarang kebiasaan bayi ini. Upaya mengoleskan bahan yang pahit pada jari mungkin dapat membantu, namun yang paling sering berhasil adalah dengan memberi penghargaan (reward) bila anak tidak mengisap jari.

dr. Bernie Endyarni Medise, SpA

 



Artikel Rekomendasi