Kelebihan Makanan Berkaroten

 

Tanya: Telapak tangan, telapak kaki dan hidung anak perempuan saya (9  bulan) berwarna kuning. Menurut dokter, ini karena dia terlalu banyak mengonsumsi wortel dan pepaya.

Jawab: Gejala di atas memang disebabkan konsumsi makanan berkaroten tinggi dalam jumlah banyak. Akibatnya, karoten menumpuk dalam darah (karotenemia), kemudian akan menumpuk di kulit sehingga mewarnai kulit menjadi kuning (karotenosis, karotenoderma). Karoten banyak terdapat dalam pepaya, wortel,  tomat, mangga, bayam, brokoli, jagung kuning, labu kuning, apel, aprikot, telur, nanas, kiwi, jeruk, dan lain-lain. Karoten yang diserap usus dan masuk ke darah akan dimetabolisme di usus dan hati menjadi vitamin A.
Karotenemia maupun karotenosis tidak berbahaya karena tidak menyebabkan kerusakan organ. Maka “terapi”nya cukup dengan menghentikan konsumsi sumber karoten tersebut beberapa saat. Lamanya warna kuning menghilang tergantung berapa tingginya kadar karoten dalam darah dan kulit anak. Umumnya, warna kuning akan menghilang sendiri setelah beberapa bulan.
    

 



Artikel Rekomendasi