Kenapa Bayi Menolak ASI?

 

Tanya: Anak saya sering menolak menyusu dari payudara kanan dan terkadang juga muntah. Apakah yang menyebabkan hal itu terjadi dan benarkah payudara kiri menghasilkan ASI yang lebih gurih?

Jawab: ASI yang keluar dari payudara kanan tidak berbeda komposisinya dengan yang keluar dari payudara kiri. Bayi menolak menyusu dari payudara kanan mungkin karena ibu kikuk menggendong bayi dengan lengan kanan sehingga posisi bayi kurang nyaman. Kemungkinan bayi ibu muntah, kalau bayi menyusu dari payudara kanan posisi bayi adalah miring ke kiri (lengan kiri di bawah). Itulah sebabnya bayi lebih sering muntah bila minum dari payudara kanan.

Bayi yang selesai menyusu, kalau akan ditidurkan sebaiknya tidur miring ke kanan (lengan kanan di bawah) atau tengkurap agar tidak gumoh. Dengan meletakkan bayi miring ke kanan atau tengkurap, ujung lambung bayi yang berhubungan dengan kerongkongan menghadap ke atas sehingga ASI tidak mudah mengalir kembali. Kalau ditidurkan telentang atau miring ke kiri, ujung lambung akan menghadap ke bawah sehingga ASI mudah mengalir kembali.

Prof. dr.Rulina Suradi, Sp.A(K), IBCLC.



 



Artikel Rekomendasi