Makanan Selingan Untuk Bayi 10 Bulan

 

Tanya: Makanan selingan apa, selain biskuit, yang cocok untuk bayi perempuan saya (10 bulan)? Amankah bila dia mengonsumsi agar-agar atau puding instan yang dijual di pasaran?

Jawab: Sayang Ibu tidak memberitahukan jadwal makan bayi. Namun, tentunya dia sudah diberikan nasi tim kasar (cincang) 3 kali sehari dan dua kali makanan selingan.

Selain biskuit, makanan selingan yang sudah bisa diberikan pada bayi usia 10 bulan, antara lain puding maizena cokelat, puding agar-agar susu isi buah, serta aneka makanan lunak lain seperti kue lapis dari tepung beras dan serabi.

Makanan selingan ini sebaiknya dibuat sendiri karena mudah dan –yang penting– lebih aman dibandingkan agar-agar atau puding yang dijual di pasaran. Karena, produk makanan tersebut mungkin saja mengandung bahan tambahan kimia, seperti zat pewarna, zat penambah citarasa dan bahan pengawet yang belum tentu aman bagi kesehatan anak.  

Selain itu, makanan selingan buatan sendiri juga lebih terjamin kandungan gizinya. Misalnya, bubuk jelly yang ada di pasaran dimasak dengan sari buah atau jus buah akan lebih bergizi dibanding jelly yang dimasak dengan air saja. Bisa juga, Anda buat puding dari susu dan telur.  

 



Artikel Rekomendasi