Memberi Bayi Makanan Laut

 

Tanya: Kapan saya boleh memperkenalkan makanan laut (seafood) kepada bayi saya (7 bulan) yang sudah mulai saya beri susu formula, selain ASI? Tapi, dia sepertinya dia ada gejala alergi ayam dan udang.

Jawab:
Sebaiknya jangan memperkenalkan dahulu makanan-makanan yang tergolong makanan laut (seafood) kepada bayi yang belum berumur 1 tahun. Apalagi Anda sudah mengetahui kalau dia alergi makanan laut (seafood) dan ayam. Tundalah pemberiannya hingga dia berumur lebih dari setahun. Bila ingin memperkenalkan kerang, udang, maupu cumi-cumi kepada bayi, tunggulah sampai dia berusia lebih dari 1 tahun, setelah dia berumur 2-3 tahun, dengan syarat boleh dilakukan asalkan dia tidak menunjukkan adanya reaksi terhadap ikan.
 
Untuk waktu dekat, bila Anda ingin memberikan makanan laut, mulailah dengan memperkenalkan ikan, setelah dia berumur lebih dari 1 tahun. Setelah Anda coba memperkenalkan ikan, pantaulah keadaan bayi dan perhatikan ada tidaknya reaksi alergi yang timbul. Kalau tidak ada gejala Anda dapat melanjutkan pemberiannya, tapi bila muncul gejala alergi hentikan hingga dia lebih besar lagi. Untuk memastikan kapan bayi boleh diberi ikan lagi, sebaiknya berkonsultasilah lebih dahulu kepada dokter.

dr. Nia Kurniati, SpAK



 



Artikel Rekomendasi