Mengapa Bayi Saya Enggan Berkomunikasi?

 

Tanya: Mengapa bayi perempuan saya (3 bulan) belakangan ini malas “ngobrol”? Sebelumnya dia sering membalas obrolan kami walau hanya, “hauu... ngga... akeng...," dan lain-lain. Kini reaksinya cuma diam sambil melihat atau tersenyum pada kami.  

Jawab: Anak usia 2-3 bulan sudah dapat menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan orang terdekatnya, antara lain dengan senyum sosial, kemudian membalas senyuman. Pada usia ini, bayi juga sudah mengeluarkan suara berupa tangisan, cooing seperti “uuugh... haa...” dan berespons terhadap suara serta mencari sumber suara. Dengan bertambahnya usia, maka kemampuannya akan bertambah juga.
 
Nampaknya bayi Anda masih berinteraksi dengan keluarga (lingkungannya) seperti membalas senyuman. Namun, jika ragu dan sepertinya bayi tidak memberikan reaksi jika diajak bercanda, sebaiknya bawalah dia ke dokter anak terdekat untuk diperiksa lebih lanjut. Harus dipastikan, apakah perkembangannya tetap normal dan apakah ada penyakit atau penyebab bayi Anda kurang bersemangat.
 
dr. Bernie Endyarni Medise, SpA

 



Artikel Rekomendasi