Sering Terbangun Pengaruhi Kecerdasan Bayi?

 

Tanya: Di malam hari, setiap 2 jam sekali saya selalu memberi 90 ml susu pada anak saya (9 bulan) dan selalu habis tanpa dia terbangun. Apakah hal itu mengganggu kualitas tidurnya dan memengaruhi kecerdasannya?

Jawab: Proses tidur seorang anak merupakan siklus berbentuk siklus berbentuk lingkaran, terdiri dari tidur aktif dan tidur dalam. Dalam satu kali tidur malam terdapat 2-3 siklus tidur. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, siklus tidur harus tercapai, sehingga penting untuk mencegah anak terbangun pada malam hari.

Pemberian susu sampai 5 kali semalam akan mengganggu siklus tidurnya sehingga kualitas tidur tidak optimal. Anak umur 9 bulan seharusnya tidur tanpa terbangun di malam hari, kecuali dia terbangun dengan sendirinya. Sebaiknya berikan susu menjelang anak tidur, bila terbangun pada malam hari dan saat dia bangun tidur.

Kualitas tidur yang tidak optimal akan berdampak pada aspek pertumbuhan maupun perkembangan anak. Bila berlangsung lama, hal itu akan mengurangi kecerdasan anak kelak.

Dr.dr. Rini Sekartini, SpA(K)
IDAI JAYA

 



Artikel Rekomendasi