Setiap Minum ASI, Bayi Muntah

 

Tanya: Setiap habis minum ASI atau susu formula, bayi saya (3 bulan) sering muntah dan berlendir. Padahal, sudah saya sendawakan. Apa lagi yang harus saya lakukan?

Jawab: Muntah seringkali dikeluhkan orang tua bila bayinya mengeluarkan minuman/makanan dari mulutnya. Padahal, tidak selalu yang keluar dari mulut adalah muntah. Bisa saja itu gumoh atau regurgitasi. Muntah adalah dikeluarkannya isi lambung melalui mulut dengan adanya upaya anak mengeluarkannya. Sedangkan regurgitasi adalah keluarnya minuman/makanan melalui mulut tanpa adanya upaya anak mengeluarkannya –jadi bersifat pasif.

Anak Ibu sangat mungkin mengalami regurgitasi dan hal ini adalah normal pada bayi. Hal ini akan berkurang sesuai penambahan umurnya (80% pada bayi usia 1 bulan, 60% pada bayi usia 3-4 bulan, dan 5% pada bayi usia 12 bulan).

Untuk mencegahnya, setelah disendawakan, bayi dapat ditidurkan dengan menaruh bantal sampai pinggangnya sehingga membentuk sudut 60º dengan alas tempat tidur, dan biarkan selama 2 jam. Pemberian ASI diteruskan, dan bila telah mendapat susu formula dapat diberikan thickening milk  atau susu formula yang ditebalkan. Susu demikian ada yang sudah tersedia dari pabriknya, tetapi dapat pula disiapkan sendiri dengan cara menambahkan satu sendok tepung beras ke dalam 100 ml susu susu formula standar.

dr. Badriul Hegar, SpA(K)

 



Artikel Rekomendasi