Susu Segar Vs Susu Formula

 

Tanya: Mana yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, susu segar atau susu formula? Selain ASI, anak saya (13 bulan, berat 9,1 kg) minum susu segar atau susu pasteurisasi karena ia tidak mau minum susu formula.

Jawab: Walau Ibu tidak menyertakan data tinggi badan dan dan jenis kelamin si kecil, bila dilihat dari usia dan berat  badannya, maka dia masih mempunyai status gizi cukup. Setelah usia 1 tahun, susu hanya merupakan makanan tambahan bagi anak. Makanan pokoknya sudah seperti makanan keluarga walaupun dengan konsistensi yang lebih lunak dan tidak berbumbu tajam.

Secara umum, susu formula standar dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu susu formula awal untuk bayi usia 0-6 bulan, susu formula lanjutan untuk bayi usia 6-12 bulan, dan susu formula tumbuh kembang untuk anak usia 1 tahun ke atas. Disamping itu masih ada susu formula khusus yang diperuntukkan bagi bayi yang mempunyai kondisi atau masalah khusus seperti bayi prematur, bayi alergi dan lain-lain.

Susu formula dibuat dengan mengacu kepada ASI, walaupun tidak akan pernah sama dengan ASI. Sedangkan susu segar atau susu UHT, kandungan nutrisinya sebagian besar masih sama dengan kandungan aslinya, yaitu susu sapi atau susu binatang lain. Oleh karena itu, susu segar atau susu UHT tidak cocok untuk anak usia di bawah 1 tahun.

Apabila kuantitas dan kualitas makan anak Ibu tergolong normal yang ditandai dengan kenaikan berat badan sesuai usia dan status gizinya cukup, maka tidak masalah bila Ibu memberikan susu segar atau susu UHT kepadanya setelah dia berusia 1 tahun. Umumnya, konsumsi 2 gelas susu dalam sehari cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi disamping makanan pokoknya.

dr. Aryono Hendarto, SpA(K)


 



Artikel Rekomendasi