Tali Pusat Tak Kunjung Kering

 

Tanya: Tali pusat anak saya puput saat usianya 8 hari. Tetapi sampai sekarag (usia 38
hari) pusarnya tetap basah. Ada lingkaran kecil berwarna kuning muda yang
mengeluarkan lendir dengan warna yang sama. Lendir itu kemudian mengering. saya bersihkan dengan alkhol, tetapi muncul lagi. Sejauh ini saya hanya memberikan betadine kepusatnya. Bagaimana supaya cepat kering dan apakah ini membahayakan untuk anak saya?

Jawab: Pada umumnya setelah bayi berusia beberapa hari, tali pusat akan terlepas dari pangkalnya dan kering.  Pada sebagian kecil bayi, walaupun tali pusat telah lepas namun pangkal tali pusat tidak otomatis mengering, melainkan tetap basah dan berlendir dengan disertai adanya jaringan pangkal tali pusat yang tumbuh  sebesar pentol korek api atau bisa sebesar kacang hijau, dan lembek. Awalnya berwarna kemerahan dan mudah berdarah, makin lama berwarna kekuningan dan selalu mengeluarkan cairan berlendir  yang mengakibatkan tali pusat tetap basah. Keadaan ini dikenal dengan granuloma tali pusat.

Cara mengatasi kelainan ini dilakukan dengan melakukan pengeringan menggunakan cairan atau larutan Nitras Argenti. Dengan cairan ini umumnya pangkal tali pusat dapat dikeringkan. Namun kalau jaringan yang tumbuh dan menghasilkan lender tersebut relatif  besar, penggunaan larutan tersebut di atas saja tidak cukup.  Untuk keadaan terakhir ini perlu dilakukan tambahan prosedur bedah minor seperti eksisi atau ligasi jaringan granuloma, sebelum dilakukan upaya pengeringan.

 



Artikel Rekomendasi