Tanya: Bayi Batuk

 

Tanya: Setengah bulan ini anak saya (2,5 bulan) batuk, bahkan sempat muntah. Apakah dia alergi? Ia mengonsumsi susu formula sepenuhnya. Menurut dokternya, kalau gejala alergi susu, maka yang muncul lebih dulu biasanya ruam kulit.  
 
Jawab: Bayi sakit batuk, apalagi disertai muntah, mengganggu waktu tidur dan pola minumnya. Penyebab awalnya mungkin infeksi tetapi penyembuhannya lambat. Alergi memang bisa membuat batuk berkelanjutan, tetapi harus dicari hubungan antara waktu terjadinya batuk dengan situasi bayi dalam beberapa jam sebelumnya. Susu formula belum tentu sebagai penyebab alergi pada bayi Anda. Apalagi, dokter pun meragukannya. Maka andaikata karena penyembuhan infeksi yang lambat, mudah-mudahan anak Anda sekarang sudah sehat.
Saran:
  1. Kalau karena alergi, Anda berdua harus memerhatikan apa saja yang terjadi sebelum batuk. Apakah udara di kamar terlalu dingin? Apakah kain-kain penutup tempat tidur, bantal dan jendela masih bersih? Apakah ada debu yang masuk dan tertinggal di tempat tidur? Dan, masih banyak lagi. Buatlah daftar semua pengamatan Anda, lalu bawa saat berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan pemicu alerginya.
  2. Lihat gejala batuknya, apakah selalu muncul setiap 1-2 jam setelah minum susu formula. Bila “ya”, maka bisa jadi batuk tersebut ada hubungannya dengan susu formula. Tetapi, jangan terlalu cepat menyalahkan susu yang saat ini menjadi gantungan hidup si kecil. Lebih baik, berkonsultasi dulu dengan dokter. Bila mungkin, lakukan relaktasi atau pemberian ASI kembali.

 



Artikel Rekomendasi