Tanya Jawab: Kekeliruan Imunisasi

 

Tanya:

Bayi  perempuan saya lahir dengan caesar. Saat ini ia berumur 4 bulan dengan berat badan 5,5 kg dan panjang 64 cm. Ia pernah mengalami kekeliruan imunisasi. Berbahayakah bayi jika mendapatkan imunisasi polio sampai 4 kali dan imunisasi HiB nya sampai 2 kali? Bayi saya juga jarang buang air kecil (hanya sekali di malam hari). Selain itu kepalanya sering berkeringat dan kakinya sering dingin. Normal kah ini?

Jawab:
Pemberian imunisasi yang benar adalah bila diberikan dengan sesuai dosis dan jadwal yang tepat. Kejadian ikutan pasca imunisasi dapat ditemukan pada pemberian imunisasi dan dipantau selama satu bulan setelah pemberian. Imunisasi polio memang diberikan 4 kali yaitu pada usia 0,2,4,dan 6 bulan.

Buang air kecil berkaitan erat dengan asupan cairan yang dikonsumsi oleh bayi dalam 1 hari khususnya beberapa jam sebelum tidur.

Mengenai kepala bayi yang sering berkeringat ini memang salah satu cara dalam metabolisme tubuh untuk mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yang tidak bermanfaat. Penguapan cairan di kepala merupakan penguapan terbesar dibandingkan penguapan di tempat lain misalnya di tangan dan kaki.

Bila terjadi penguapan di daerah kepala otomatis akan terjadi penyempitan di pembuluh darah di kaki sehingga pada perabaan kaki akan terasa dingin. Hal ini merupakan mekanisme normal yang merupakan kompensasi pengeluaran keringat di kepala.
 

 



Artikel Rekomendasi