Tanya Jawab: Makanan Harus Diblender

 

Tanya: Bayi saya, 11 bulan dan giginya ada 6, setiap hari saya beri nasi tim dengan lauk dan sayur diblender. Bila saya beri makanan agak kasar dia muntah. Anehnya, kalau makan krupuk dia suka sekali dan tidak muntah. Apakah ini normal? Bagaimana agar anak makan makanan kasar?

Jawab:
Makanan yang dimuntahkan anak bukan berarti karena dia tak suka. Penyebabnya, mungkin karena langit-langit mulutnya masih sensitif dengan makanan yang agak  kasar. 
Untuk sementara, makanan lumat (yang disaring atau diblender) boleh diberikan agar berat badannya tetap naik secara optimal. Tapi, makanan padat juga harus diberikan setiap saat anak makan. Tak apa bila awalnya makanan kasar tersebut dimuntahkan. Sebaiknya terus dicobakan sampai berhasil, tanpa paksaan pada anak.

Pada umur 1 tahun, anak sudah boleh mengonsumsi nasi walaupun dalam bentuk yang masih lembik. Bila tak mau nasi, bisa diberi penggantinya seperti kentang, ubi, makaroni, atau jagung rebus yang diserut.  Jadi, anak tak harus selalu makan nasi, tapi perlu diberi karbohidrat sebagai sumber energi seperti contoh di atas.  Ibu tak perlu cemas, karena pada umumya, di usia 3–4 tahun anak mulai menyukai nasi.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Kapan Saat Yang Tepat Vaksin Campak?

Vaksinasi campak direkomendasi saat anak berumur 9 bulan dan sebaiknya diberikan sewaktu anak dalam keadaan sehat, agar kekebalan yang diperoleh optimal. Sakit ringan tidak merupakan kontraindikasi un... read more