Tanya Jawab: Pro Kontra Empeng

 

Tanya:
Putri saya, 4 bulan, yang masih ASI eksklusif, mulai memasukkan jari tangan ke mulut. Ibu saya bilang, kalau diberikan empeng, itu sama dengan mengajari anak berbohong. Apakah penggunaan empeng baik?  

Jawab:  
                                         
Jika anak memasukkan jari tangan atau benda ke dalam mulutnya, hal itu merupakan salah satu refleks yang muncul pada masa bayi, dan disebut refleks mengisap.  Hal ini wajar, dan memberikan rasa tenang serta nyaman bagi anak.  Yang terpenting, jaga agar anak tidak menggigit jari secara berlebihan. Alihkan perhatian anak pada kegiatan yang lebih menarik, seperti mengajak bermain atau bernyanyi agar tidak terus-menerus memusatkan perhatian pada jari tangan.

Penggunaan empeng merupakan salah satu alternatif, namun bukanlah suatu keharusan untuk diberikan pada anak. Saat anak mengisap empeng sama saja seperti mengisap dot atau jempol dan tidak berarti mengajari anak berbohong. Namun, jika anak dibiasakan memakai empeng, maka orang tua harus menjaga agar kebiasaan tersebut tidak berlanjut sampai anak besar.  Buatlah batasan waktu, kapan anak boleh menggunakan empeng. Misalnya, saat menjelang tidur, dan hal ini bisa dilakukan sampai anak usia 12 bulan.

 



Artikel Rekomendasi