Tanya-Jawab Bayi: Nafas Berbunyi

 

Tanya: Sejak lahir sebulan lalu, nafas bayi saya berbunyi seperti sedang pilek, padahal ia sehat, tidak pilek. Apakah ini normal? Apakah solusi untuk mengatasinya?

Jawab: Nafas berbunyi seperti pilek pada bayi yang baru lahir biasanya normal. Ini biasanya disebabkan adanya cairan hidung yang mempunyai fungsi menyaring kotoran yang masuk. Namun, gejala tersebut dapat juga timbul karena infeksi, atau bayi Anda termasuk, wheezy baby.

Infeksi pada bayi ditandai antara lain dengan gejala rewel, batuk, demam dan gejala lainnya. Sedangkan wheezy baby artinya bayi dengan suara nafas berbunyi seperti mengorok, disebut jgua mengi (bunyi nafas akibat asma), terutama setelah menangis dan minum susu. Penyebab terjadinya ini belum diketahui, tetapi diduga ini adalah salah satu gejala alergi. Misalnya, alergi terhadap susu sapi, makanan (seafood, kacang tanah, telur dan lain-lain), debu, tungau, kapuk, dan lainnya. Tentu ini harus dipastikan melalui tes alergi di klinik alergi atau laboratororium klinik, yang direferensi dokter anak Anda.

Apabila tes alergi menunjukkan bayi Anda rentan terhadap pemicu alergi, maka Anda harus  menjaga kebersihan. Hindari pemakaian bantal, kasur atau guling yang berisi kapuk. Singkirkan boneka berbulu dari tempat tidur. Cuci kelambu secara teratur (setiap 2 minggu sekali). Hindari menggunakan obat nyamuk bakar dan hindari memelihara binatang berlulu di dalam rumah. Bila nafas bayi Anda masih juga berbunyi, periksakan ke dokter anak untuk menemukan akar penyebabnya.  

 



Artikel Rekomendasi