Tanya-Jawab Bayi: Punya 2 Gigi dan Makanan Padat Pertama

 

Tanya: Anak saya (9 bulan) baru memiliki dua buah gigi. Saya kasihan kalau dia saya beri makanan padat buatan sendiri yang kasar. Bolehkah jika saya sering memberinya makanan bayi siap saji/olah?

Jawab: Makan adalah proses belajar. Jika sebelumnya bayi hanya menghisap dan menelan ASI, maka setelah usia 6 bulan, dia harus dilatih mengunyah makanan padat pertama. Ini
membutuhkan koordinasi lidah dan gigi. Walau saat itu bayi belum bergigi, tidak apa-apa. Ketrampilan ini ada hubungannya dengan kemampuan makan makanan padat kelak.

Jadi, sabarlah melatih anak untuk menggunakan alat-alat kunyah. Perkenalan dengan makanan padat pertama sebaiknya secara bertahap, termasuk kekentalannya. Sebagai awal, beri ia makanan semi padat, yaitu dalam bentuk bubur saring, baik berupa bubur susu atau tim. Bayi Anda yang baru punya 2 gigi, sepertinya belum siap diberi makanan terlalu kasar.

Makan bayi siap saji atau siap olah boleh, saja, namun Anda harus cermat memilih. Apalagi, makanan bayi seperti ini lebih terbatas variasi, rasa dan teksturnya daripada makanan bayi olahan sendiri. Cobalah buat makanan bayi dengan memperhatikan cara mengolah dan menyajikan yang tepat. 

 



Artikel Rekomendasi