Tanya-Jawab: Bayi saya menangis tanpa henti, tanda ia terserang kolik?

 

Tanya:
Anak saya berusia 2 bulan dan sampai kini ia mendapatkan ASI Eksklusif. Sejak lahir, tiada hari tanpa tangis.  Jika sudah menangis, semua tubuhnya sampai menjadi biru, pusarnya pun menonjol keluar. Apakah dia adalah bayi yang kolik?  Bagaimana  cara terbaik untuk mengatasinya, Dok?  
 
Jawab:
Ini adalah salah satu tanda kolik infantil, yaitu sakit perut pada bayi yang terutama terjadi di bawah umur 4 bulan. Gejalanya adalah menangis secara mendadak dengan intensitas tinggi, kadang disertai periode tenang, dan biasanya terjadi pada sore dan malam hari. Gejala sakit perutnya dapat hebat sampai tangisnya melengking, lalu diikuti periode sakit yang berkurang hingga bayi menjadi agak tenang. Tak jarang disertai gejala perut kembung dan muntah.
 
Kolik infantil dapat disebabkan oleh berbagai faktor antara lain intoleransi laktosa, yaitu bayi tidak dapat menyerap laktosa susu, dan berkaitan dengan kedekatan hubungan ibu-bayi. Hadapi tangis si kecil dengan sikap tenang, tak perlu panik dan terlalu cemas. Ingat, kondisi Anda bisa berpengaruh juga kepada bayi.
 
Bayi sebaiknya digendong dan didekap agar merasa nyaman. Perdengarkan alunan musik yang lembut. Dalam kondisi darurat, Anda dapat memberinya air gula untuk mengurangi gejala sakit perut. Bila gejalanya terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter, agar dapat dievaluasi dan diketahui penyebabnya. Sehingga, penanganannya tuntas.
 
 
 

 



Artikel Rekomendasi