Tanya-Jawab: Bayi Suka Menangis Menjerit-jerit.

 

Tanya: Bayi saya (4,5 bln), sejak lahir sering menangis menjerit-jerit. Di pesta perkawinan kemarin ini, dia menangis hampir 5 jam. Bila ada tamu atau orang yang tidak dikenal, dia akan menangis. Bangun tidur pun, jika tak ada saya, dia menangis menjerit. Saya bingung, mengapa begini? Bagaimana mengatasinya?

Jawab: Sebetulnya normal bila bayi sering menangis menjerit-jerit, karena begitulah cara dia berkomunikasi. Orang dewasa diharapkan mengenali penyebab menangisnya dan cara mengatasinya.
Ada beberapa penyebab bayi menangis kerasa:
•    Mengalami kolik, sehingg abayi menangi skeras dan lama tanpa alasan jelas.
•    Terjadi perubahan, misalnya tiba-tiba ada cahaya menyilaukan, suara keras, suhu panas.
•    Lapar, buang air, mengantuk, bosan, lelah.
•    Ada orang asing.
Untuk berbagai penyebab ini, Anda bisa melakukan berbagai cara menenangkannya. Misalnya, menggendong, menimang, mengajaknya berjalan-jalan, dan sebagainya. Bila Anda frustasi mengahadapi tangisannya, letakkan saja bayi di tempat yang aman (misalnya: boks bayi) dan tinggalkan sendirian sejenak. Hal ini lebih baik daripada Anda malah menyakitinya. Setelah Anda tenang, Anda bisa pikirkan upaya apalagi yang bisa Anda lakukan. Bila tahun depan dia masih seperti ini, baw ake dokter anak/psikolog anak untuk pengecekan lebih lanjut.  
 

 



Artikel Rekomendasi