Tanya-Jawab: Bayiku Malas Mengunyah?

 

Tanya: Anak saya, sudah berumur satu tahun, tapi sampai saat ini hanya mau makan makanan lumat. Bila diberi makanan agak kasar, pasti disemburkan. Mungkinkah dia malas mengunyah?  Jika diberikan makanan seperti tahu, tempe, atau ayam goreng, dia mau mengunyah, hanya saja tidak dalam porsi besar (seperti cemilan). Giginya sudah ada 6. Cukup baikkah perkembangan makan anak saya?

Jawab: Seperti halnya berjalan, keterampilan makan juga harus dipelajari anak.  Dengan kata lain, makan adalah proses yang harus dipelajari, bukan naluri. Usia 6 bulan dikatakan sebagai periode emas untuk perkembangan keterampilan makan. Jadi, setelah selesai diberi ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi harus diperkenalkan makanan padat. Keterlambatan pemberian makanan padat, dapat berakibat tidak terlatihnya keterampilan makan anak.

Yang perlu Anda lakukan saat ini, ketika akan memberi makan, berikan secara bertahap dari makanan padat yang lumat, agak kasar lalu kasar.  Bila tetap disemburkan, hentikan pemberian makanan padat dan berikan makanan lumat kembali. Ulangi pemberian makanan padat setiap pagi, siang atau sore, pasti si kecil akan mau mengonsumsinya.  Proses ini memang memerlukan waktu dan kesabaran. Selamat mencoba Bunda!


 

 



Artikel Rekomendasi