Tanya-Jawab: Benjolan Di Skrotum

 

Tanya: Kami perhatikan ada sebuah benjolan yang sedikit mencolok di bagian buah zakar bayi laki-laki kami (2 bulan). Kebetulan, di daerah kami belum ada dokter spesialis anak. Apakah kondisi ini berbahaya?

Jawab: Bila buah zakar bayi bertambah besar setelah dia menangis atau mengedan, sebaiknya bawa ia ke dokter, karena kemungkinan penyakitnya adalah hidrokel testis atau hernia scrotalis. Penyebabnya, otot di daerah perut dan otot lipat pangkal paha belum tertutup rapat, sehingga terdapat lubang di antara rongga perut dan buah zakar. Bila ada peningkatan tekanan di dalam rongga perut, seperi mengedan, menangis atau menjerit, isi cairan perut atau usus dapat tergolong ke lubang tadi.
Pada hidrokel testis, lubangnya kecil sehingga yang dapat melaluinya hanya cairan rongga perut. Biasanya, dengan bertambahnya umur anak, otot-ototnya berkembang sehingga menutup lubang tersebut. Tetapi pada hernia scrotalis, lubangnya besar sehingga usus dapat terjepit dan matai karena tidak mendapat aliran darah. Jika hal ini terjadi, maka benjolan tidak dapat kembali lagi, dan bayi akan menangis kesakitan. Saya sarankan untuk membawanya segera ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan.
 

 



Artikel Rekomendasi