Tanya-Jawab: Enggan Makan & Gampang Sakit

 

Tanya: Saya bingung menghadapi bayi saya  yang kini 11 bulan dan susah makan. Apakah karena itu dia jadi sering demam, batuk dan pilek? Mohon bantuan menu yang cocok untuk bayi saya yang sudah punya 4 gigi ini.

Jawab: Idealnya, bayi yang lahir dengan berat ± 3 kilo gram, maka pada usia 6 bulan beratnya 2 kali berat lahir, dan pada usia setahun beratnya 3 kali berat lahir. Dari rumus ini, Anda bisa perkirakan apakah si kecil masih dalam rentang berat ideal atau tidak.

Setelah usia 6 bulan, bayi sudah mulai membutuhkan makanan pendamping ASI (MP-ASI). Pencernaannya pun sudah mulai kuat mengolah makanan padat.
Makanan pendamping ASI dimulai agak cair, seperti sari buah dan bubur susu, serta ASI tetap diteruskan pemberiannya.

Secara bertahap, berikan nasi tim saring, sumber protein (daging, ikan, ayam, telur, tahu, tempe), dan sayuran rendah serat (daun bayam, daun kangkung, wortel, tomat, dan labu kuning). Kalau sudah tumbuh gigi, anak bisa dikenalkan nasi tim cincang (jadi tidak perlu disaring lagi).

Untuk anak yang susah makan, apalagi disertai sakit, sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk diketahui secara pasti penyebabnya, dan dilakukan pengobatan sesuai penyebabnya.

Berikut jadwal makan bayi usia 11 bulan:
  • ASI diberikan sesukanya.
  • Nasi tim cincang 3 kali sehari (pagi, siang, dan sore).
  • Di antara waktu makan pagi dan siang (± pukul 10.00) beri bubur susu.
  • Di antara waktu makan siang dan sore (± pkl. 16.00) beri sari buah/buah diblender

 



Artikel Rekomendasi