Tanya-Jawab Gizi: Bagaimana memperkenalkan makanan padat pertama?

 

Tanya: Bulan depan anak saya akan berusia 6 bulan dan saya berencana sebisa mungkin memberinya makanan buatan  sendiri, termasuk biskuitnya.   Dapatkah Ibu memberi contoh cara membuat makanan bayi? Berat badan anak saya sekarang 5 kg dan panjang 62 cm.

Jawab:
Menurut KMS,  berat bayi  Anda  kurang  dari standar yang seharusnya, yaitu 7 kg. Biasanya, dokter juga memiliki rumus untuk menyatakan bayi cukup berat badannya, yaitu :
 
(n + 9) dibagi 2
 
n = usia anak dalam bulan

Maka, berdasarkan perhitungan ini, berat bayi Anda sebaiknya juga 7 kg.  Kekurangan berat bayi  Anda ini perlu mendapat  perhatian. Selain mencermati asupan makanan dan varian zat gizi yang diperolehnya dari ASI dan makanan padat pertama, berkonsultasilah dengan dokter spesialis anak.

Anda sendiri dapat menyiapkan makanan padat pertama dengan zat gizi yang menunjang pertambahan berat-badan si kecil. Sebaiknya, makanan tambahan atau pendamping ASI untuk bayi adalah buatan  sendiri. Pemberian makan pada bayi  setelah  usia  6 bulan  diawali dengan yang encer, seperti  sari buah, lalu bertahap bubur susu dan nasi  tim saring atau blender. Bubur susu terdiri susu formula yang dicairkan dengan air 50% atau ASI, ditambah tepung beras/maizena/tepung hunkwee, dan sedikit atau  tanpa  gula.

Jika memakai  susu  formula,  air  dimasak  dengan  tepung sampai kental  dan mendidih, angkat,  lalu di luar  api  masukkan  bubuk susu formula,  aduk  rata. Sebaliknya, jika menggunakan ASI, masukkan di akhir proses.

Anda sebaiknya juga memperkenalkan aneka ragam bahan  makanan  secara  bertahap  sesuai  umurnya, terdiri  dari  sumber karbohidrat,  sumber protein, dan sumber vitamin  dan mineral. Selain untuk  memenuhi kebutuhan gizinya,  pengenalan aneka ragam bahan makanan sejak dini bermanfaat mencegah si kecil kelak tidak suka makan sayuran.

Sedangkan biskuit siap pakai (instan) yang dijual ini lebih mudah daripada membuat sendiri. Biskuit  buatan sendiri  sebaiknya diberikan nanti kalau dia sudah tumbuh  gigi  sebagai  finger food.
 
Contoh  permulaan memberi makan  tambahan atau pendamping  ASI:
 
Usia BayiJenis Makanan dan Porsinya
6 – 7 bulan    ·    1 porsi buah  saring
 ·    1 porsi bubur susu
 ·    1 porsi nasi  tim  blender/saring
 
 

 



Artikel Rekomendasi