Tanya-Jawab: Mengapa si kecil bentol-bentol?

 

Tanya:
Setiap saat hujan turun, pada kulit  anak saya yang berumur 20 bulan muncul bentol-bentol besar. Menurut dokter spesialis anak, bayi saya alergi makanan. Sudah satu minggu ini, saya memberinya  makanan sesuai  petunjuk dokter, tetapi kondisinya tidak juga membaik.  Apakah anak saya alergi? Karena kami baru pindah rumah, mungkinkah ini bagian dari penyesuaian diri si kecil dengan lingkungan dan udara yang baru?
 
Jawab:
Bentol-bentol besar yang namanya urtikaria itu memang mengganggu. Anak merasa gatal dan tidak bisa tidur. Penyebabnya bermacam-macam dan tidak gampang menentukannya. Kalau sudah  pantang makanan yang dicurigai, tetapi gejala bentol masih ada, berarti bukan itu penyebabnya. Kembali saja lagi memberinya makanan seperti biasa.
Coba cari kemungkinan lainnya: udara dingin (buktikan dengan pemakaian AC), debu (lihat apakah bentolnya muncul setelah main di ruangan atau furniture tertentu), serpihan binatang (cari jejak binatang berbulu, misalnya anjing, kucing, burung, atau apakah banyak kecoa berkeliaran), infeksi cacing, dan sebagainya. Penyelidikan ini harus dilakukan oleh dokter dibantu oleh orang dan pengasuh. Jika penyebabnya sudah diketahui, cara mencegahnya muncul lagi, akan lebih terarah.

 



Artikel Rekomendasi