Tanya-Jawab: Penyakit Kulit Impetigo Bulosa

 

Tanya: Anak saya (13 bulan) punya luka lesi yang sekarang melepuh dan seperti ada isinya. Teman-teman saya menduga dia terkena impetgi bulosa. Apakah itu dan bagaimana penyembuhannya.
 
Jawab: Impetigo adalah suatau infeksi kulit. Penyebabnya utamanya, kuman Staphylococcus aureus yang dapat menyerang anak semua usia, dan kelompok A streptococcoli yang menyerang anak usia 2-5 tahun. Kuman-kuman ini sangat mudah menular. Pencegahannya berupa menjada hygiene kulit yang baik, mencuci tangan dan mencegah penularan melalui pakaian, handuk, dan lain-lain.
 
Gejala awal impetigo biasanya berupa kelainan pada kulit berisi cairan yang mula-mula tidak terasa sakit tetapi agak gatal. Umunya gejala ini timbul di daerah kulit yang pernah terkelupas, terbakar atau tergigit serangga, dengan tampilan yang khas sehingga memudahkan diagnosis. Untuk lebih memasktikannya, dilakukan upaya membiakkan cairan luka di laboraturium.
 
Impetigo biasanya tidak berbahaya. Namun bila dibiarkan atau kuman yang menyerang cukup banyak, dapat terjadi komplikasi berupa rdang ginjal, infeksi tulang, radang paru, atau radang kelenjar getah bening. Kelainan standar dapat diobati secara lokal dengan salep antibiotic. Namun bila anak menderita demam dan kelainan meluas, dia perlu obat antibiotik yang diberikan melalui makanan atau minuman. Kelainan kulit ini dapat sembuh sempurna.
 

 



Artikel Rekomendasi