7 Cara Bonding Ibu dan Bayi

 

Ibu mana yang tidak ingin memiliki hubungan yang dekat dan akrab dengan bayinya. Bonding antara ibu dan bayi memang harus ditumbuhkan sedini mungkin. Cara membangun bonding antara ibu dan bayi tidak sulit kok!

“Menyentuh bayi Anda sesering mungkin bisa membantu terciptanya bonding Anda dan bayi,” begitu kata Dr. Ann Critz, spesialis tumbuh kembang anak, dari Emory University School of Medicine, Atlanta, Kanada. Berikut ini beberapa cara membangun bonding antara ibu dan bayi:
  1. Babymoon. Cara ini sangat efektif menumbuhkan ikatan batin ibu dan bayinya. Batasi kunjungan orang atau bila perlu, pergilah ke suatu tempat untuk berduaan bersama bayi Anda, tanpa diganggu orang lain.
  2. Menyentuh kulit bayi. Cara ini membantu merangsang perkembangan panca inderanya. Letakkan bayi di atas dada Anda sehingga terjadilah kontak skin to skin.
  3. Bicara. Mengajak ngobrol bayi akan membuat Anda dan bayi saling memahami.
  4. Menggendong dengan sling. Cara ini dapat mempercepat terjadinya ikatan batin ibu dan bayinya dibandingkan bayi yang lebih sering dibaringkan di stroller.
  5. Menyusui. Susuilah bayi Anda sesering mungkin, agar hubungan Anda dan bayi semakin erat. Tataplah mata bayi penuh kasih selama ia menikmati ASI.
  6. Pijat. Selain membuat bayi nyaman, pijat juga akan membantu berbagai organnya berkembang lebih aktif. Batin Anda dan bayi tersambung lewat sentuhan hangat dan lembut tangan Anda.
  7. Konsumsi zat besi. Ibu yang kekurangan zat besi (anemia) butuh waktu lebih lama untuk menjalin bonding karena ia tak punya cukup energi untuk mendekatkan diri dengan bayinya.

 



Artikel Rekomendasi