7 Kiat Redakan Tangis Bayi Untuk Sang Ayah

 

Tidak ada patokan yang pasti, seberapa lama bayi menangis dalam sehari. Tapi, jika tangisan berlangsung lebih dari 3 jam sehari dan lebih dari 3 hari seminggu selama 3 minggu, dapat dikatakan sebagai ’menangis berlebihan.’ Konsultasikan dengan dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Menangis menjadi satu-satunya alat komunikasi bagi bayi. Jangan selalu panik Ayah, hadapi dengan tenang dan cari tahu penyebabnya untuk bisa meredakan tangis bayi.  Berikut 7 kiat redakan tangis bayi.
  1. Cari penyebabnya. Bila popok basahnya sudah diganti, bayi masih saja menangis, carilah sumber rasa sakitnya. Mungkin karena giginya sedang tumbuh.
  2. Jari “Ajaib.” Cuci bersih jari kelingking, lalu tawarkan kepada bayi dengan memasukkannya ke dalam mulutnya. Hati-hati agar langit-langitnya tidak terluka oleh kuku.
  3. Beri susu. Buka kulkas, ambil simpanan ASI di botol, hangatkan sebentar, cek suhunya, lalu berikan.
  4. Manfaatkan car seat. Letakkan bayi di car seat yang dilepas dari kursi mobil. Letakkan di lantai, lalu goyang-goyangkan perlahan. Bayi seang diayun-ayun.
  5. Berbagi kehangatan. Gendong anak di depan tubuh, dengan alatgendong. Berjalan-jalanlah di sekililing rumah. Hangatnya tubuh ayah dan goyangan saat berjalan membuat bayi terlelap dalam beberapa menit.
  6. Menyanyilah. Tak perlu ragu berdendang sekalipun suara Anda fals. Selama ada nada yang diulang-ualang, bayi tidak akan protes.
  7. Berikan kepada ibu. Bila semua upaya dudah dicoba tapi bayi tetap menangis. , mungkin Anda memang harus mengembanglikan bayi kepada sang ibu. Jangan lupa katakan, “Aku sudah berusaha, sayang…”
Baca juga:
Mencari Penyebab Bayi Menangis
Menangani Bayi Rewel di Malam Hari
Ayah, Inilah Tips Menidurkan Anak





.

 



Artikel Rekomendasi