Aman Menyewa Perlengkapan Bayi

 

Menyewa perlengkapan bayi untuk lebih berhemat boleh-boleh saja. Tapi Anda juga perlu memperhatikan keamanannya. Berbeda dengan barang baru, perlengkapan sewa sudah beberapa kali dipinjam yang artinya beberapa kali juga digunakan. Untuk itu sebelum menyewa, lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Susun daftar barang keperluan bayi yang akan disewa. Tulis sedetil mungkin kebutuhan Anda, termasuk tipe dan jenis yang Anda inginkan, karena bisa jadi Anda tak menemukan semua kebutuhan Anda di satu tempat persewaan. Urutkan pula sesuai prioritas-mungkin saja Anda tak perlu sewa pompa ASI saat ini, tapi 6 bulan mendatang.
  • Buat daftar pertanyaan informasi peminjaman. Misalnya merek barang, jenis, model dan persyaratan dan prosedur minimal dan maksimal peminjaman, persyaratan dan prosedur lengkap peminjaman, uang jaminan, biaya sewa per hari, jarak waktu pengiriman barang terhitung sejak semua persyaratan telah dipenuhi, biaya ganti rugi bila terjadi kerusakan barang. Hal ini berguna agar ketika tiba di tempat persewaan atau mencari di dalam (website) persewaan Anda siap dengan mencari informasi yang Anda butuhkan.
  • Jangan segan mencoba beberapa jenis barang yang tersedia, sampai Anda menemukan yang benar-benar tepat untuk Anda dan bayi.
  • Periksa dan coba barang yang akan dipinjam sebelum Anda memutuskan menandatangani surat perjanjian peminjaman, begitu pula saat barang tersebut baru tiba di rumah Anda.
  • Baca buku atau lembaran petunjuk pemakaian dengan cermat, sehingga Anda mengetahui dengan jelas fungsi dan cara kerja masing-masing bagian dari barang yang Anda pinjam. Termasuk fungsi berbagai aksesori penunjangnya, seperti kanopi pada stroller, meja pada high chair, atau bak mandi pada baby taffel.
  • Pilih barang pahami setiap klausul dalam surat perjanjian sewa sebelum menandatangani dan membayar biaya agar Anda tahu hak dan kewajiban sebagai pihak penyewa.
  • Cuci sebelum digunakan-beberapa produk malah perlu disterilkan. Cuci seluruh bagian, luar dan dalam, hingga benar-benar bersih. Bersihkan pula bagian-yang bisa dilepas, kerinkan dan lap bersih. Rendam pompa ASI dengan air sabun hangat, bilas dengan air bersih, lalu keringkan. Cuci setiap kali pembersih (sterilizer), kain bersih atau tissue. Jaga kebersihannya, simpan di tempat sejuk dalam keadaan kering. Gendongan atau sling yang biasnaya terbuat dari kain harus di-dry clean dalam buku.
  • Pinjam dalam batas waktu minimal. Rata-rata bervariasi antara 1 bulan hingga 3 bulan. Bila ada kerusakan atau barang yang Anda pinjam tidak berfungsi sebagaimana mestinya, Anda dapat segera menukarnya, tanpa harus menunggu terlalu lama.
Baca juga:
Aman Memilih Berbagai Perlengkapan Sewa Bayi

 



Artikel Rekomendasi