Biasakan Anak Makan Sayur

 

Sayuran adalah salah satu sumber vitamin dan mineral yang penting untuk kelacaran semua proses metabolisme tubuh. Namun, ada saja orang yang tidak suka dengan sayuran. Agar balita tumbuh menjadi penyuka sayuran, biasakan sejak dini!

Biasakan sejak dini
  • Beri ASI sejak lahir. Selain mengonsumsi makanan terbaik, bayi yang mendapatkan ASI akan lebih mudah menyesuaikan diri untuk mekan berbagai variasi makanan (termasuk makan sayur), disbanding bayi yang minum susu formula. Bisa jadi, hal ini karena bayi yang minum ASI jug aterbiasa “mencicipi” aneka rasa dan aroma makanan yang dikonsumsi ibunya.
  • Makanan padat pertamanya. Banyak ahli menganjurkan untuk lebih dulu mengenalkan sayuran daripad abuah-buahan. Alasannya, manusia dilahirkan dengan kecenderungan menyukasi rasa manis, sehingga jika bayi sudah mengenal ras abuah lebih dulu dikhawatirkan dia akan kurang suka menyukai rasa sayuran. Sleain itu, jika And aingin da menyukainya, cobalah terus diberikan dalam suasana menyenangkan (tidak dengan paksaan atau ancaman).
Bila terlanjur tidak suka.
  • Makan sayur bersama-sama. Anak kecil gemar meniru perbutan orang lain, terutama ibu dan ayahnya. Saat makan bersama, isilah piring Anda dengan aneka sayuran, lalu jelaskan nam asayuran yang dimakan dan ceritakan khasiatnya kepada balita.
  • Libatkan anak. Jika sudah dagak besar (sekitar 3,5 tahun), And abisa mengajaknya menanam sayuran di halaman, atau membeli sayuran di pasar swalayan. Bahkan, Anda bisa mengolah sayuran bersama di dapur. Balita tentu ingin mencoba makan apa yang telah dimasaknya.
  • Sajikan dengan menarik. Sajikan sayuran semenarik mungkin untuk menimbulkan selera makan anak. Misalnya, jika memasak sup, Anda bisa membentuk potongan wortel menyerupai bunga matahari, atau susun sayur dalam aneka variasi bentuk, warna, dan rasa di atas piring sedemikian rupa, sehingga menarik untuk dilihat dan disantap. Misalnya, membentuk wajah orang. Jika perlu, berkreasilah bersama balita, agar imajinasinya terangsang.
  • “Sembunyikan” sayur dalam makanan atau minuman. Sayuran bisa dijadikan bagian dari makanan anak, terutama makanan favoritnya. Misalnya, potongan wortel atau jagung manis rebus sebagai campuran selada, roti isi, atau nasi goring yang nikmat. Alternatif lain, sajikan dalam bentuk jus, seperti jus wortel, tomat atau mentimun, yang dicampur dengan sedikit madu/gula dan es/ jangan lupa, hiaslah gelas dengan sedoktan warna-warni, paying kecil atau kreasi lainnya, agar penampilannya menarik. 
Beberapa resep berbahan sayur untuk bayi dan balita:
- Havermut Isi Wortel Keju
- Bubur Bayam Ayam Cincang
- Tim Makaroni Bayam
- Brokoli Tahu Panggang
- Sayap Ayam Isi Sayur
- Burger Ayam Saus Sayuran
- Roti Campur Sayuran dan Keju
- Wortel Panggang Keju

Baca:
Belajar Makan Sayur Sejak Dalam Kandungan
Trik Agar Balita Suka Sayur
6 Sayuran Baik Untuk Bayi
Cermat Memilih Sayur dan Buah
Tips Membersihkan Sayur dan Buah



 



Artikel Rekomendasi