Memberi Bayi Obat Tetes

 

Bayi-bayi baru sering terkena infeksi telinga dan hidung mengingat sistem kekebalan mereka yang belum berkembang sehingga “benteng” pertahanan tubuhnya belum cukup kuat. Selain itu, mata bayi juga kerap terinfeki atau belekan. Untuk memberikan obat tetes pada hidung, telinga, atau mata bayi, akan lebih mudah dilakukan bila Anda “membungkus” bayi dengan selimut atau handuk, kemudian letakkan dia di atas pangkuan Anda.

Cara memberikan:
  • Obat tetes mata: Cuci tangan dengan benar hingga bersih, sebelum memberikan obat. Dengan tangan kiri, perlahan-lahan tariklah kelopak bawah mata bayi lalu teteskan obatnya ke dalam rongga kelopak bawah matanya.  
  • Obat tetes hidung: Angkat sedikit kepala bayi Anda ke arah belakang sehingga mendongak. Setelah itu, teteskan obatnya 1-2 tetes ke dalam lubang hidungnya
  • Obat tetes telinga: Secara perlahan, miringkan kepala bayi Anda dengan posisi telinga yang terinfeksi menghadap ke atas, dan telinga sehat menghadap ke bawah. Teteskan obatnya tepat di tengah lubang. Peganglah si kecil agar dia tetap diam hingga obat tetes tersebut mengalir ke dalam rongga telinganya.(ME)
Baca juga:
Memberi obat telan pada bayi
Obat Aman untuk Balita
Cara Pintar Memberi Balita Obat
Mengajarkan Balita Minum Obat

 



Artikel Rekomendasi