Menyusui Di Area Publik

 

Tak perlu canggung atau malu menyusui di ruang publik. Apalagi, sejak 1 Maret 2012 telah ditetapkan peraturan pemerintah (PP) RI nomor 33 tahun 2012, perihal pemberian ASI eksklusif. PP tersebut menjamin ibu  bisa memberikan ASI eklusif  di ruang publik.

Menyusui di tempat umum, adalah hal natural.  Apalagi kini fasilitas menyusui di publik sudah semakin berkembang. Berikut ini beberapa kiat menyusui cantik di muka umum:
  • Percaya diri. Tunggulah sampai bayi dan Anda sudah terbiasa bahkan pakar perihal menyusui. Kemudian mulailah berlatih di depan kaca, untuk menemukan posisi paling tepat sehingga payudara terlindung, dan membuat Anda merasa nyaman. Setelah itu berlatih susui bayi di depan teman dekat dan keluarga, untuk membangun rasa percaya diri, sebelum menyusui di muka umum.
  • Memakai pakaian yang membuat Anda merasa nyaman. Memakai atasan atau dress berkancing depan yang bisa dibuka mempermudah proses menyusui dan menghindari Anda dari keribetan harus menaikkan atau membuka busana Anda. Selain itu kenakan bra khusus menyusui, karena gampang dibuka dan dikaitkan.Bahkan kalau sudah terlatih, proses ini bisa dilakukan dengan 1 tangan.
  • Kenakan nursing cover atau apron menyusu. Beberapa tahun belakangan, apron menyusui, untuk menutupi dada ibu semakin tren. Warna dan motif pun bisa disesuaikan dengan selera, sehingga  saat menyusui Anda tetap terlihat chic. Sebaiknya pilih bahan katun,  sehingga bayi tidak kepanasan.
  • Pilih lokasi yang nyaman dan sejuk. Bila masuk restoran atau kafe, bicara terus terang kepada pelayan, kalau Anda hendak menyusui dan minta tempat duduk yang agak tersembunyi. Hindari restoran atau kafe yang berhawa panas, karena saat menyusui, Anda sangat cepat berkeringat. Saat Anda dan bayi sedang mencari posisi nyaman menyusui, ada baiknya Anda berbalik badan menghadap tembok untuk mengurangi risiko dada Anda terpapar ke pengunjung restoran atau kafe.
  • Menyusui dengan teman-teman seperjuangan. Tentu akan lebih fun dan nyaman buat Anda, jika punya teman senasib saat menyusui di muka umum. Aturlah waktu untuk ngafe atau makan siang bersama, dengan ibu-ibu menyusui yang lain. (me)   
Baca juga:
Menyusui di Luar Rumah
Trik Menyusui Dalam Perjalanan
Posisi Pas Menyusui


 
   




 



Artikel Rekomendasi