Pijatan Menenangkan Bayi

 

Riuhnya suasana Idul Fitri yang ramai kerena datangan keluarga besar bisa mempengaruhi bayi. Mulai dari kakek, nenek, om, tante dan keluarga lainnya bergiliran menggendong, mencium dan memeluk bayi. Bayi bisa menjadi rewel karena kelelahan. Untuk menenangkannya, lakukan pijat bayi mulai dari kaki hingga kepalanya.

Kaki. Kaki bayi merupakan bagian terbaik untuk memulai memijat. Memijat kaki membuat seluruh tubuh bayi rileks. Saat memijat kaki, Anda tidak perlu melepaskan seluruh baju bayi.  Hangatkan dulu kedua telapak tangan Anda, beri sedikit baby oil pada telapak tangan Anda kemudian gosokkan kedua telapak tangan.
  1. Pegang kaki bayi, kemudian  remas dengan lembut telapak dan punggung kakinya dengan ibu jari dan telunjuk Anda. Jangan ragu-ragu agar bayi tidak merasa digelitiki.
  2. Dengan ibu jari dan telunjuk Anda, putar pelan-pelan jari-jemarinya dan pijat lembut mulai dari pergelangan kaki, tungkai lalu ke paha.
  3. Pegang kakinya seperti memegang tongkat baseball, lakukan gerakan memijat seperti memerah susu dari paha ke arah pergelangan kaki.

Dada. Untuk memijat dada bayi, lepas bajunya.
  1. Rapatkan kedua telapak tangan Anda di dada bayi, mulai dari tengah dada dan perlahan buatlah gerakan lembut ke arah atas atau ke leher bagian bawah.
  2. Pisahkan kedua telapak tangan Anda menuju masing-masing bahunya, untuk bertemu kembali di bagian tengah dada.


Lengan

  1. Rentangkan kedua tangan bayi. Pijat lembut mulai dari bahu hingga pergelangan tangan.
  2. Pegang salah satu tangan, lakukan pijatan seperti gerakan memerah susu dari lengan atas hingga pergelangan tangan. Lakukan juga pada tangan satunya.
  3. Remas telapak tangan dan punggung tangan bayi. Putar perlahan-lahan jemari tangan bayi menggunakan ibu jari dan telunjuk Anda.
Punggung. Jika bayi masih terlihat nyaman dengan pijatan Anda, lanjutkan dengan menengkurapkan bayi dan mulai pijat bagian punggungnya.
  1. Letakkan kedua telapak tangan Anda di punggungnya, lalu lakukan usapan lembut mulai dari tengkuk hingga bokong si kecil beberapa kali.
  2. Jika bayi telungkup di pangkuan Anda, lakukan usapan lembut menggunakan satu tangan, tangan Anda lainnya menahan dada bayi.
Sebelum memijat katakan “Mau ibu pijat sekarang?” Bayi akan menunjukkan reaksinya. Bila bayi berbaring rileks dengan tangan terbuka, kontak mata lembut, senyum, menggoyangkan tangan dan kakinya atau menarik tangan Anda ke dadanya,  berarti “Mau!” Katakan “I love u” saat memijat dan beri pelukan saat selesai memijat. (me)






 



Artikel Rekomendasi