Resep MPASI Favorit Komunitas Ayahbunda

 


Usia buah hati sudah hampir menginjak 6 bulan, Bunda? Sudah saatnya mempersiapkan cara mengenalkan makanan pendamping ASI atau biasa disebut MPASI. Waktu yang tepat adalah ketika bayi berusia 6 bulan. Setelah 6 bulan, pemberian ASI hanya memenuhi 60-70% kebutuhan bayi. Apabila MPASI tidak segera diberikan, maka dikhawatirkan bayi akan mengalami kesulitan menelan dan mengunyah makanan di kemudian hari.
Apa saja, sih bahan makanan yang jadi favorit bayi? Dan apa pertimbangan bunda saat meracik MPASI tersebut? Simak pengalaman 5 bunda berikut ini.



Maesa Diajeng Putri bunda dari Kalina Gemintang Putria Budiman (10 bulan)

MPASI favorit anak saya adalah Puree Pepaya Jeruk.

Alasan saya memberikan MPASI tersebut, karena gizi yang terkandung di dalam puree papaya jeruk dapat melengkapi dan memenuhi kebutuhan gizi untuk anak saya di masa MPASI-nya. Selain itu, MPASI puree papaya jeruk mudah dibuat dan Kalina doyan sekali..
Pertama kali diberikan, Kalina sepertinya tidak doyan, suapan pertama dan kedua ia masih bingung, sampai  mengernyitkan dahinya. Mungkin karena baru mengenal rasanya. Tapi setelah itu ia suka dan cepat melahapnya.

Kata Pakar, Pepaya mengandung banyak vitamin terutama beta karoten dan vitamin c, bila ditambah dengan jeruk yg juga kaya akan vitamin c maka puree ini sangat baik untuk menjaga inunitas anak. Selain itu pepaya juga mengandung enzim papain yang dapat membantu melancarkan pencernaan. untuk anak usia 10 bulan, puree buah dapat diberikan sebagai selingan. Sedapat mungkin mulai kenalkan pemberian buah dengan tekstur lebih kasar misal tidak lagi dalam bentuk puree tetapi cincang kasar atau iris bahkan dalam bentuk potongan, supaya anak terbiasa makan buah yang tidak perlu dijus dan bisa mendapat manfaat yang lebih besar.





Rhisa Kartika
bunda dari Mysha Azkadina Afsheen (10 bulan)

MPASI favorit anak saya adalah Sweet Corn Salmon.

Alasan saya memberikan MPASI tersebut, perpaduan antara jagung dan ikan salmon yang rasanya enak, manis, dan tingginya karbohidrat  dalam salmon serta omega 3 menurut saya bagus untuk pertumbuhan sel otaknya.
Pertama kali diberikan, mengejutkan. Anak saya makannya langsung lahap! Saya dan suami pun kaget bercampur senang karena ia suka sekali dengan MPASI-nya.

Kata pakar, Jagung dan salmon memang perpaduan yang enak sekali, banyak anak menyukainya. Jagung merupakan sumber karbohidrat yaitu sumber energi yang juga kaya akan antioksidan flavonoid. Sedangkan salmon tidak diragukan lagi sebagai sumber protein serta lemak omega 3 yang tinggi. Warna kemerahan pada daging salmon juga menunjukkan kandungan antioksidan yang cukup banyak. Kombinasi menu jagung dan salmon ini dapat menjadi alternatif paduan karbohidrat dan protein yang baik. Bunda tinggal menambahkan sayuran untuk memperkaya gizi.




Suharnita Harahap bunda dari Ibnul Farkah Alfazari (10 bulan 2 minggu)

MPASI favorit anak saya adalah Tim Kentang Keju.

Alasan saya memberikan MPASI tersebut, karena menurut saya kentang mengandung karbohidrat sebagai pengganti nasi. Setelah ditambah keju, kentang jadi gurih. Apalagi di usia 10 bulan ia mulai bosan dengan bubur dan nasi tim. Kentang jadi solusi menu baru.
Pertama kali diberikan, awalnya mungkin ia kira bubur susu atau nasi tim biasa, ia hanya membuka mulut kecil, namun sedikit demi sedikit ia membuka mulut lebih lebar dan makannya pun lahap. Syukurlah ia doyan.

Kata Pakar, kentang merupakan sumber karbohidrat yang juga kaya vitamin b kompleks yang diperlukan untuk metabolisme. Banyak anak yang bosan atau kurang suka nasi dan lebih menyukai kentang karena rasanya yang gurih. Penambahan keju meningkatkan nilai nutrisinya yaitu menambah protein dan lemak. Bunda dapat menambahkan lagi lauk pauk sumber protein yang lain dan juga sayuran agar lebih lengkap.





Naomi Chandra Akbar bunda dari Abian Tantra Pranaya (12 bulan)

MPASI favorit anak saya adalah Caserole Sayuran dan Grilled Salmon

Alasan saya memberikan MPASI tersebut, agar Tantra dapat mengeksplor berbagai jenis makanan sehat beserta rasa dan teksturnya. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, MPASI ini juga dapat melatih indra pengecap Tantra jadi lebih peka dan tidak menjadi picky eater saat besar nanti.
Pertama kali diberikan, ia makan dengan lahap. Tantra sangat semangat membuka mulut, untuk mencoba lagi dan lagi, karena ia merasa ada sesuatu yang bisa ia masukkan ke dalam mulut dan rasanya yang enak.

Kata pakar
, mengolah sayuran menjadi caserole adalah ide brilian untuk mengenalkan dan menjadikan anak suka sayuran. Salmon tidak diragukan lagi nutrisinya. Perpaduan yang istimewa. Bunda dapat menambahkan mashed/baked potato untuk tambahan karbohidratnya.





Kiara Diana bunda dari Kierra Mishka Setianegara (12 bulan)

MPASI favorit anak saya adalah Salmon Penne Mushroom with Herbs & Parmigiano-reggiano Cheese

Alasan saya
memberikan MPASI tersebut, selain gampang pembuatannya, enak dan bergizi. Pasta penne dengan tingkat kematangan al dente memberikan kesan kenyal tetapi tetap mudah dikunyah oleh Mishka. Selain itu, salmon dan portobello mushroom juga memberikan aroma yang gurih dan manis meskipun masakan ini tanpa garam, gula, dan MSG. Pertama kali diberikan, Mishka yang dari usia 6 bulan menjalani pola makan secara BLW (Baby Led Weaning), sangat antusias dan makan dengan sangat lahap.

Kata pakar
, Menu ini pastinya sangat lezat. Bunda tinggal menambahkan sayuran yang cocok untuk menu, misalnya dengan menyelipkan brokoli atau wortel agar lebih lengkap nutrisinya.

KONSULTASI: dr. Wiji Lestari, Mgizi, SpGK dari RS Permata Depok




 



Artikel Rekomendasi