Sterilkan Peralatan Makan Bayi

 

Peralatan penting seperti pompa ASI, wadah penyimpan ASI, peralatan makan dan minum bisa bersih dan steril. Lakukan langkah mudah ini:

Ada beberapa cara mensterilkan peralatan makan dan minum bayi. Semua bisa Anda pilih sesuai kepraktisan dan kemudahan = menjangkau bahan-bahan untuk mendukung proses sterilisasi. Jenis cara mensteril:

Sterilisasi dingin (cold water). Anda butuh alat steril berupa container untuk merendam dengan tutup yang tembus pandang, tablet pembersih anti bakteri dan kuman yang aman untuk alat makan dan minum, sikat botol dan sedotan,  spons piring dan gelas bayi, dan tentu saja air. Sebelumnya, Anda harus mencuci semua peralatan yang akan disterilkan sesuai langkah-langkah mencuci. 

  1. Larutkan beberapa tablet steril ke dalam air sesuai petunjuk pada kemasan tablet, lalu masukkan gelas, sendok, botol.
  2. Rendam selama 30 menit sesuaikan dengan petunjuk pada kemasan tablet atau alat rendam steril dingin. Cara ini pada dasarnya aman untuk semua material pembuat alat makan dan minum bayi. Termasuk yang tidak mencantumkan suhu maksimum sterilisasi pada kemasannya. 

Sterilisasi dengan pemanasan (steam). Ada dua cara yang termasuk ke dalam cara sterilisasi menggunakan alat pemanas:  

Pemanasan menggunakan alat sterilisasi.

  1. Pastikan peralatan yang akan Anda sterilkan sudah dicuci menggunaka sabun. Perhatikan rak yang mengatur susunan alat yang hendak disteril. Ikuti petunjuk untuk menyusun sesuai dengan keperluannya. Misalnya, letakkan dot, material silicon pompa ASI, sedotan fleksibel, sendok-garpu dan botol sesuai dengan rak yang telah disediakan. Penggunaan yang tidak sesuai petunjuk bisa mengakibatkan manfaat dari proses sterilisasi kurang optimal. Waktu yang dibutuhkan: 4 – 9 menit.
  2. Cek semua benda yang akan Anda masukkan ke dalam alat steril. Tidak semua material pembuat alat tahan panas. Baca seksama kemasan peralatan makan dan minum bayi. Juga cermati suhu maksimal yang disarankan.
  3. Bersihkan alat sterilisasi panas , terutama bagian yang menghantarkan panas. Caranya, 2 – 3 bulan sekali rendam dalam larutan backing soda. Ini akan menghindarkan alat yang sering terpapar uap air dari kerak yang dapat menghambat aliran energi panas yang menjadi pokok dari proses sterilisasi panas.

Pemanasan menggunakan microwave:

  1. Cuci peralatan sebelum dimasukkan ke dalam microwave. Wadah untuk menampung peralatan biasanya dapat Anda beli di toko perlengkapan dan peralatan bayi.
  2. Masukkan peralatan ke dalam wadah, ikuti petunjuk pemakaian sesuai yang tertera pada kemasan wadah penyimpan peralatan khusus sterilisasi menggunakan microwave. Lakukan selama 4 – 9 menit. 
Jika ada dalam kondisi "darurat" seperti sedang bepergian, lakukan cara praktis ini untuk sterilisasi alat makan bayi.(me)

 



Artikel Rekomendasi