Strategi Ganti Popok Bayi Aktif

 

Anda pasti pernah mengalami momen dimana bayi sangat aktif menendang dan berteriak sampai seolah Anda tidak punya kesempatan untuk mengganti popoknya. Sampai kegiatan mengganti popok menjadi ajang "gulat". Jangan menyerah, bayi dan balita memang biasa melakukan ini untuk menolak apapun yang membuat mereka tidak bebas. Ini dia 7 strategi mengganti popok si bayi aktif:

  1. Buat pertunjukan istimewa, misalnya dengan menyanyi untuk menarik perhatiannya.
  2. Jepit mainan favoritnya di mulut Anda. Biarkan dia berusaha merebut lalu bermain dengannya. Ganti mainan pada waktu tertentu karena biasanya ia akan bosan bermain dengan mainan yang sama.
  3. Letakkan mainan bergerak di tempat mengganti popok untuk menarik perhatiannya.
  4. Gerakan  jari Anda turun dan naik di kaki dan perut bayi, ini akan membuatnya geli dan tertawa bersama Anda. 
  5. Hadirkan mimik dan wajah serta gerakan badan yang lucu agar konsentrasinya teralih bukan pada bokongnya yang tengah dibersihkan.
  6. Ajak ia bicara apapun, misalnya tenyang popok yang ia pakai, tentang kapas yang digunakan, atau makanan yang Anda buatkan untuknya hari itu. 
  7. Jika bayi sungguh tak mau diam, gunakan lantai dengan alas yang empuk sebagai alas untuk mengganti popok untuk menghindarinya luka akibat terjatuh.  

Kreatiflah dalam menerapkan teknik penggantian popok. Jadikan ini kegiatan menyenangkan. Jika Anda memandang negatif penggantian popok, ia pun akan begitu.  

 



Artikel Rekomendasi